IndahNya JendelaKu: SISTEM INFORMASI GEOGRAFI PERIKANAN

SISTEM INFORMASI GEOGRAFI PERIKANAN




Dunia Kelautan dan Perikanan merupakan dunia yang dinamis, disini hampir semuanya bergerak kecuali dasar lautan. Di Wilayah yang merupakan bagian di permukaan bumi yang paling luas, terdapat banyak sumber daya alam yang bisa menghasilkan pendapatan yang tinggi untuk suatu daerah atau pemerintahan, Contohnya adalah sumberdaya Kelautan dan Perikanan yang sangat besar pula. Indonesia dengan luas lautan sekitar 5,8 juta km² dan panjang pantai kurang lebih 81.000 km, maka potensi pendapatan ekonomi dari bidang perikanan cukup besar sekali. Begitu pula Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki luas wilayah 318.580 Hektar dengan garis pantai 113 Km. Menjadikan  Provinsi  DIY  merupakan  daerah  potensi   sumberdaya

perikanan, berdasarkan hasil produksi nelayan DIY di Selatan laut jawa dengan hasil 332.600 ton per tahun dan baru termanfaatkan sekitar 17 %.dan di Samodera Hindia dengan hasil 905.300 ton per tahun dan baru termanfaatkan sekitar 2,7 %. Kurangnya pemanfaatan teknologi dalam eksploitasi sumberdaya ikan-ikan tersebut menyebabkan tidak optimumnya pemanfaatan sumberdaya ikan yang ada. Pemanfaatan suatu teknologi seperti Sistem Informasi Geografis untuk Kelautan dan Perikanan diharapkan dapat mampu memberikan suatu gambaran dan suatu tampilan spasial tentang sumber-sumber atau spot-spot perikanan di wilayah Prov DIY khususnya dan di wilayah Indonesia pada umumnya yaitu dengan menggabungkan faktor-faktor lingkungan yang mendukung tempat hidup dan berkumpulnya berbagai jenis ikan tersebut sehingga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil penangkapan ikan.
      Sistem Informasi Geografi (SIG) adalah system yang berbasis komputer yang digunakan untuk memetakan kondisi dan peristiwa yang terjadi di muka bumi dan dapat juga dipakai untuk menyimpan, memanipulasi, dan menganalisis informasi geografi. Teknologi ini berkembang pesat sejalan dengan perkembangan teknologi informatika atau teknologi komputer. Informasi permukaan bumi telah berabad-abad disajikan dalam bentuk peta. Peta-peta umum (general purpose) menggambarkan suatu topografi suatu daerah ataupun batas-batas (administrative) suatu wilayah atau Negara. Sedangkan peta tematik (thematic) secara khusus menampilkan distribusi keruangan (sepatial distribution) kenampakan-kenampakan seperti geologi, geomorfologi, tanah, vegetasi, atau sumber daya alam lainnya.
      Teknologi SIG ini dapat mengintegrasikan system operasi database seperti query dan analysis statistik dengan berbagai keuntungan analisis geografis yang ditawarkan dalam bentuk peta. Dengan kemampuan pada system informasi pemetaan (informasi spasial) yang membedakannya dengan system informasi lain seperti database, maka SIG banyak digunakan oleh masyarakat, pengusaha dan instansi untuk menjelaskan berbagai peristiwa, memprediksi hasil dan perencanaan strategis (Environmental systems Research Institute, ESRI).SIG memiliki kapabilitas menghubungkan berbagai lapisan data di suatu titik yang sama pada tempat tertentu, mengkombinasikan, menganilysis data tersebut dan memetakan hasilnya. Teknologi ini juga dapat mendeskripsikan karakteristik objek pada peta dan menentukan posisi koordinatnya, melakukan query dan analysis spasial serta mampu menyimpan, mengelola, mengupdate data secara terorganisir dan efisien.
      Secara prinsip tujuan pemrosesan data pada teknologi SIG yaitu mempresentasikan : Input, Manipulasi, Pengelolaan, Query, Analysis, dan Visualisasi)
      Apa yang tersaji pada sebuah peta, tidak lain adalah data atau informasi tentang permukaan bumi. Namun demikian, suatu peta juga dapat menggambarkan distribusi sosial ekonomi suatu masyarakat, Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa peta memuat atau mengandung data yang mengacu bumi. Yang diacu tidak lain adalah posisinya yaitu system koordinat bumi, baik yang menggunakan system bujur/lintang atau system UTM (Universal Tranver Mercator). Teknologi computer yang mampu menangani basis data dan menampilkan suatu gambar (grafik), merupakan salah satu alternative yang dipilih untuk menyajikan suatu peta. Sistem Informasi Geografi (SIG) tidak hanya dipandang sebagai pemindahan peta konvensional kebentuk peta digital, sebab dengan kemampuannya memanipulasi data, computer dengan SIG dapat menghasilkan suatu informasi berharga yang lain yang diperoleh dari hasil analisis yang diprogramkan padanya.
      Mengapa menggunakan SIG, karena SIG merupakan suatu interaksi antara data-data atribut dan data spasial yang bereferensi geografi. Keunggulan SIG ini dapat dijadikan masukan berharga bagi para nelayan atau pengusaha perikanan untuk mengetahui lokasi-lokasi penangkapan ikan. Pertanyaan yang sering dilontarkan para nelayan adalah diamana lokasi penangkapan ikan yang baik, atau lokasi mana yang paling banyak ikannya, dan kapan bias ditangkap dalam jumlah yang berlimpah dan lain sebagainya ? Dengan mengetahui area dimana ikan bisa tertangkap dalam jumlah yang besar tentu saja akan menghemat biaya operasi penangkapan, waktu dan tenaga.
      Salah satu alternative yang menawarkan solusi terbaik adalah mengkombinasikan kemampuan SIG dan penginderaan jauh (indraja) kelautan. Dengan teknologi inderaja faktor-faktor lingkungan laut yang mempengaruhi distribusi, migrasi dan kelimpahan ikan dapat diperoleh secara berkala, cepat dan dengan cakupan area yang luas. Faktor lingkungan tersebut antara lain dengan data suhu permukaan laut atau  Sea Surface Temperatuire (SST),  tingkat konsentrasi klorofil-a, perbedaan tinggi permukaan laut, arah dan kecepatan arus dan tingkat produktifitas primer. Analisis dengan SIG akan memberikan tampilan secara geografis kecenderungan sebaran dari faktor-faktor lingkungan yang disukai ikan yang akhirnya memberikan gambaran daerah perkiraan penangkapan ikan. Ikan dengan mobilitasnya yang tinggi akan lebih mudah dilacak disuatu area melalui teknologi ini karena ikan cenderung berkumpul pada kondisi lingkungan tertentu (Sumber : Lokakarya Agenda Penelitian COREMAP II Kab Selayar, Dr Ir. Mukti Zainudin, M.Sc).
      Pada dasarnya setiap ikan mempunyai kriteria-kriteria lingkungan tersendiri untuk kenyamanan hidupnya. Ikan Tuna tergolong jenis scombrid yang sangat aktif dan umumnya menyebar di perairan yang oseanik sampai ke perairan dekat pantai, territorial dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia. Keberadaan tuna di suatu perairan sangat bergantung pada beberapa hal yang terkait dengan spesies tuna, kondisi hidrooseanografi perairan. Pada wilayah perairan ZEE Indonesia, migrasi jenis ikan tuna di perairan Indonesia merupakan bagian dan jalur migrasi tuna dunia karena wilayah Indonesia terletak pada lintasan perbatasan perairan antara samodera Hindia dan samodera Pasifik. Kelompok ikan tuna merupakan jenis kelompok ikan palagis besar, yang secara komersial di bagi atas kelompok tuna besar dan tuna kecil. Tuna besar terdiri dari jenis ikan tuna mata besar (bigeye – thunnus obesus), medidihang (yellowfin – Thunnus albacares), tuna albakora (albacore – thunnus alalunga), tuna sirip biru selatan (southem blue-fin – thunnus maccoyii). Dan tuna abu-abu (longtail tuna – thunnus tonggol), sedangkan yang termasuk tuna kecil adalah cakalang (skipjack – katsuwonus pelamis).(Sumber : Potensi dan Pemanfaatan Sumberdaya Ikan Tuna, DKP RI). Kriteria-kriteria lingkungan tersebut adalah seperti   adanya peristiwa upwelling, dinamika pusaran (eddy) dan daerah front gradient pertemuan dua masa air yang berbeda,  baik itu Salinitas, suhu, atau klorofil-a, Pengetahuan dasar yang dipakai dalam melakukan pengkajian adalah mencari hubungan antara spesies ikan dan factor lingkungan disekelilingnya. Dari hasil  analisa ini akan diperoleh indicator oseanografi yang cocok untuk ikan tertentu. Contohnya ikan albacore tuna di laut utara pasifik cenderung terkonsentrasi  pada kisaran suhu 18,5 – 21,5 ºC, dan berassosiasi dengan tingkat klorofil-a 0,3 mg/m³ (polovia et al., 2001; Zainudin et al., 2004 dalam Zainudin, 2006), sedangkan ikan cakalang dan tuna kecil (little/baby Tuna) lebih nyaman hidup pada daerah dengan kisaran suhu 23 – 28 ºC (Leavestu dan Hela, 1970 dalam Kusuma, 2004).
      Keadaan-keadaan lingkungan yang merupakan syarat kenyamanan hidup bagi ikan-ikan tersebut merupakan suatu sebaran spasial yang dapat di olah dengan SIG. Data-data lingkungan tersebut dapat diperoleh dari data penginderaan jauh seperti SST/suhu laut dan klorofil-a yang bisa diperoleh dari citra MODIS yang bisa di download pada situshttp://oceancolor.gsfc.nasa.gov/cgi/browse.pl. sedangkan data-data lokasi pendaratan kapal penangkapan, batas pantai, pasang surut bisa diperoleh dari survey lapangan dan peta dasar wilayah.
      Selanjutnya output yang didapatkan dari indicator oseanografi yang bersesuaian dengan distribusi dan kelimpahan ikan dipetakan dengan teknologi SIG. Data indicator oseanografi yang cocok untuk ikan perlu diintegrasikan dengan berbagai layer pada SIG karena ikan sangat mungkin merespon bukan hanya pada suatu parameter lingkungan saja, tetapi berbagai parameter yang saling berkaitan, dengan kombinasi SIG, inderaja dan data lapangan akan memberikan banyak informasi spasial misalnya dimana posisi ikan banyak tertangkap, berapa jaraknya antara fishing base dan fishing ground yang produktif serta kapan musim penangkapan ikan yang efektif. Tentu saja hal ini akan memberikan gambaran solusi tentang pertanyaan nelayan kapan dan dimana bias mendapatkan banyak ikan.
      Di bawah ini disajikan salah satu contoh aplikasi penggunaan SIG dan inderaja pada penangkapan ikan tuna di laut utara Pasific (Gambar 1). Disini terlihat bahwa dua database (satelit dan perikanan tuna) dikombinasikan dalam mengembangkan spasial analysis daerah penagkapan ikan tuna. Pada prinsipnya ada 4 layer/lapisan data yang diinegrasikan yaitu suhu permukaan laut (SST) (NOAA/AVHRR), tingkat konsentrasi klorofil (SeaWiFS), perbedaan tinggi permukaan air laut (SSHA) dan eddy kinetic (EKE) (AVISO). Parameter pertama (SST) dipakai karena berhubungan dengan kesesuaian kondisi fisiologi ikan dan thermoregulasi untuk ikan tuna, sedangkan parameter yang kedua karena dapat menjelaskan tingkat produktifitas perairan yang berhubungan dengan kelimpahan makanan ikan, sementara parameter yang ketiga berhubungan dengan kondisi sirkulasi air daerah yang subur seperti eddy dan upwelling; dan parameter terakhir berhubungan dengan indeks untuk melihat daerah subur dan kekuatan arus yang mungkin mempengaruhi distribusi ikan. Data penangkapan ikan tuna (lingkaran putih pada peta yang ditunjukkan dengan tanda panah) diplot pada peta lingkungan yang dibangkitkan dari citra satelit. Sedangkan panel atau layer yang paling atas menunjukkan peta prediksi hasil tangkapan.
      Gambar 1 memberikan informasi bahwa ikan tuna tertangkap dalam jumlah yang besar (terkonsentrasi) pada posisi sekitar 35 º LU dan 160º BT bersesuaian dengan kondisi SST sekitar 20 ºC dan berasosiasi dengan tingkat klorofil-a sekitar 0.3 mg m³. Konsentrasi ikan tersebut berbeda pada posisi positif anomaly permukaan laut (warna merah) yang bertepatan dengan kondisi EKE yang relative lebih tinggi. Dari gambar itu terlihat bahwa prediksi hasil tangkapan dengan peluang yang tinggi (dikenal dengan istilah habitat hotspot) juga mengkonfirmasi daerah produktif tersebut. Setiap spesies ikan mempunyai kakarteristik oseanografi kesukaannya sendiri dan cenderung menempati daerah tertentu yang bisa dipelajari. Hal ini dapat diketahui dengan pendekatan SIG dan inderaja multi layer tersebut. 
               Gambar 1.   Aplikasi SIG dan inderaja dalam kegiatan penagkapan ikan tuna pada bulan November 2000 (resolusi semua layer citra = 9 km) (Zaenudin, 2006)
 http://www.perikanan-diy.info/home.php?mode=content&submode=detail&id=223

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © IndahNya JendelaKu Urang-kurai